Selasa, 11 November 2014

Tipe Layar Sentuh (touchscreen) Pada Smartphone

Teknologi touchscreen sendiri juga dibedakan menjadi dua jenis yang berbeda, yaitu Capasitive touhscreen dan Resistive touchscreen.
  • Capasitive Touchscreen adalah layar sentuh yang banyak anda temui pada teknologi smartphone. Cara kerjanya adalah dengan mengukur interaksi yang diberikan dengan menggunakan gesekan sinyal elektrik yang terjadi antara jari anda dengan layar transparent grid. Jadi dalam menggunakannya anda tidak perlu menekannya, cukup dengan menggesernya saja. Layar ini mendukung untuk melakukan multitouch dan bahkan ada beberapa jenis teknologi lain yang mengikuti kinerja layar Capasitive touchscreen ini antara lain adalah AMOLED, TFT dan IPS.

AMOLED adalah Active Matrik Organic Light Emitting Diode yaitu teknologi yang memenfaatkan kinerja dari OLED (Organic Light Emitting Diode) yang mempunyai tingkat kehitaman yang lebih baik dibanding teknologi varian lain. Dengan begitu layar akan semakin terlihat cerah, tampilan yang diberikan pun semakin jelas meskipun terpapar sinar matahari secara langsung. Penggunaan layar AMOLED ini di klaim dapat menghemat penggunaan daya baterai.
TFT atau Thin Film Transistor adalah teknologi layar yang menggunakan LCD berwarna sehingga mampu memberikan ketajaman gambar yang lebih baik. Jenis teknologi layar yang seperti ini kebanyakan disebut sebagai Active-Matriks Colour Display. Cara kerja layar jenis ini adalah dengan memberikan micro transistor di setiap pixels yang dapat dinyalakan atau dimatikan secara individu. Hanya saja dalam menggunakan TFT ini daya yang dipakai oleh layar menjadi lebih banyak selain itu harganya juga tergolong mahal.
Yang ketiga adalah IPS atau in-Plane Switching adalah teknologi LCD TFT untuk meningkatkan kwalitas dalam reproduksi warna dan viewing angel sehingga yang terkesan dari penggunaan teknologi ini adalah layar lebih luas dan daya pandang anda akan menjadi terasa lebih lebar. Penggunaan IPS ini memerlukan daya yang sama besarnya dengan teknologi TFT. Namun kwalitasnya hampir sama dengan AMOLED.

  • Resistive touchscreen cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan dua buah lapisan transparan yang berfungsi untuk mengukur perbedaan resistensi apabila disentuh. Kerja layar berikut ini menggunakan sedikit tekanan sehingga dalam memanfaatkannya anda perlu sedikit menekannya atau stylus, plectrum atau benda sejenis yang mungkin dapat mendukungnya. Pada layar ini belum mendukung untuk fitur multitouch.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar