Minggu, 22 Februari 2015

Tips Sembunyikan File di Smartphone dengan Mudah

Tips Sembunyikan File di Smartphone Android dengan Mudah

Untuk berbagai alasan, pengguna smartphone dan tablet membutuhkan kerahasiaan dalam bentuk apapun, termasuk menyembunyikan file yang ada. Foto maupun dokumen yang bersifat rahasia, memang perlu disembunyikan meskipun terletak dalam bentuk digital.
Namun sayangnya, menambahkan aplikasi rahasia atau aplikasi keamanan pihak ketiga bisa memberikan beban lebih pada perangkat yang ada. Pasalnya, tak semua perangkat yang ada didukung dengan piranti yang mumpuni, serta memiliki kapasitas memori yang besar.
Ada cara yang cukup mudah untuk menyiasati persoalan melindungi file rahasia tersebut untuk tidak diintip pihak luar, terutama pada perangkat basis Android. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan mediasi melalui file manager. Untuk menyembunyikan file rahasia melalui file manager, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi ES File Explorer. Tampilan antarmuka yang disajikannya cukup intuitif dan sangat userfriendly, selain itu sistemnya juga cukup baik dan kompatibel dengan beragam
perangkat Android.

Langkah-langkah untuk menyembunyikan file tersebut pada smartphone android adalah sebagai berikut :
- Install aplikasi ES File Explorer ke dalam perangkat
- Selanjutnya jalankan aplikasi dan pilih direktori drive yang ingin disembunyikan
- Pilih salah satu file yang ingin disembunyikan, lalu ubah nama file dengan mendahulukan tanda titik (.) di depan nama file tersebut.
- Kemudian simpan atau pengguna bisa langsung menekan tombol enter pada perangkat
- Selanjutnya, pengguna akan menemukan file atau gambar tersebut hilang, terutama file foto yang tidak akan tampil dalam menu galeri.
Jangan khawatir untuk tidak menemukan file tersebut, meski tidak tampak pada menu galeri. Pengguna bisa mengakses file foto maupun dokumen, melalui file manager tempat disembunyikannya. Akses menu option atau pilihan, kemudian pilih ‘show hidden file’ untuk melihat kembali file yang telah disembunyikan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar