Rabu, 22 Oktober 2014

Mengapa Sedotan Yang dimasukkan Ke dalam Air Terlihat Bengkok

Mengapa saat sedotan dimasukkan ke dalam air, sedotan atas dan bawah terlihat bengkok?
*Karena pembiasan, kedalaman yang kelihatan dari bagian yang berada di bawah air dari sebuah sedotan lebih kecil daripada kedalaman sesungguhnya. Akibatnya, sedotan tersebut terlihat bengkok. Bayangan sedotan yang dipantulkan juga terlihat.
* sebuah sedotan yang dicelupkan ke dlm gelas yang berisi air akan terlihat terbengkok. Hal ini trjadi krena adanya refraksi cahaya. Dengan adanya perbedaan indeks bias antara udara (1,0003) dan air (1,33). Semakin tinggi konsentrasi bahan terlarut maka sedotan akan semakin terlihat bengkok secara proposional. Bagaimana dengan sebuah sedotan dicelupkan ke dalam sebuah gelas yg berisi air gula?. Terlihat sedotan trbengkok lebih tajam.
* atau sedotan menangkap cahaya dari luar dirinya lalu memantulkannya ke mata kita. Namun, jangan lupa cahaya yang dtangkap oleh seluruh permukaan sedotan ini mengikuti hukum dari pembiasan cahaya diatas, yaitu dibelokkan jika masuk kedalam bidang batas dua medium yang berbeda. Sedotan yang telah menangkap dan memantulkan cahayanya ke mata kita menjadi terlihat bengkok sedangkan secara nyata hal itu tidak terjadi. Bayangkan jika disekitar sedotan tidak ada sumber cahaya, apakah sedotan masih terlihat bengkok?



2 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus