Selasa, 24 Juni 2014

Cabang Ilmu Antropologi



Antropologi dalah ilmu yang mempelajari tentang manusia
1)   Antropologi fisik menurut harsojo adalah ilmu yang mempelajari manusia dari sudut pandang jasmaniahnya saja. Antropologi fisik disebut juga antropologi ragawi yang terbagi kedalam cabang – cabang ilmu diantaranya:
1)      paleontologi primata yaitu ilmu yang mempelajari tentang varietas(keanekaragaman) manusia dan asal – usul manusia maupun makhluk lain yang erat hubungannya dengan manusia.
2)      Evolusi mausia yaitu ilmu yang mempelajari proses perkembangan tipe manusia mulai dari makhluk yang bukan mausia.
3)      Antropometri yaitu ilmu yang mempelajari teknik pengukuran tubuh manusia.
4)      Somatologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang variasi mausia yang masih hidup, tentang perbedaan seks dan variasi dari perseorangan.
5)      Antropologi rasial yaitu ilmu yang mempelajari tentang penggolongan ,anusia dalam kelompok ras dan percampuran diantara ras yang ada
6)      Antropologi konstitusional yaitu mempelajari tentang predisposisi (kecenderungan) dari tipe tubuh manusia terhadap penyakit – penyakit tertentu dan tingkah laku khusus / juga kriminal / juga pertumbuhan organik.
2)         Antropologi budaya adalah ilmu yang mempelajari perilaku dan hasil kerja manusia. 


 A. Antropologi Fisik
 1. Paleoantrologi adalah ilmu yang mempelajari asal usul manusia dan evolusi manusia dengan meneliti fosil- fosil.
2. Somatologi adalah ilmu yang mempelajari keberagaman ras manusia dengna mengamati ciri-ciri fisik.

B. Antropologi Budaya
1. Prehistori adalah ilmu yang mempelajari sejarah penyebaran dan perkembangan budaya manusia mengenal tulisan.
2. Etnolinguistik antrologi adalah ilmu yang mempelajari suku-suku bangsa yang ada di dunia / bumi.
3. Etnologi adalah ilmu yang mempelajari asas kebudayaan manusia di dalam kehidupan masyarakat suku bangsa di seluruh dunia.
4. Etnopsikologi adalah ilmu yang mempelajari kepribadian bangsa serta peranan individu pada bangsa dalam proses perubahan adat istiadat dan nilai universal dengan berpegang pada konsep psikologi.

Di samping itu ada pula cabang ilmu antropologi terapan dan antropologi spesialisasi. Antropology spesialisasi contohnya seperti antropologi politik, antropologi kesehatan, antropologi ekonomi, dan masih banyak lagi yang lainnya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar