Rabu, 17 Januari 2024

10 Spesies Tanaman Planet Paling Aneh di Dunia

 10 Spesies Tanaman Planet Paling Aneh di Dunia

1. Welwitschia mirabilis. Tanaman yang paling tahan di dunia

Bentuknya tidak begitu sedap dipandang, tetapi tanam- Ban Namibia mirabilis Welwitschia benar-benar dapat disebut sebagai salah satu tanaman yang sangat baik. Me- mang tidak ada yang benar-benar seperti itu. Tanaman Welwitschia hanya terdiri dari dua helai daun dan sebuah tangkai kokoh dengan akarnya. Itu saja! Dua lembar daun terus tumbuh sampai mereka menyerupai surai berbulu berbentuk seperti makhluk alien dari luar angkasa Alih- alih batangnya tumbuh tinggi, batangnya semakin me- nebal, batangnya dapat tumbuh menjadi hampir 2 meter dan 8 meter lebarnya. Di perkirakan umur tanaman tersebut adalah 400-1.500 tahun. Dapat bertahan sampai dengan lima tahun tanpa hujan. Tanaman ini dikatakan sangat lezat dikonsumsi baik secara mentah atau dibakar dalam abu panas, dan ini adalah bagaimana tanaman tersebut mendapatkan nama lain, onyanga, yang berarti bawang gurun

2. Dionaea muscipula perangkap lalat venus

Tanaman perangkap venus adalah tanaman yang paling terkenal dari semua tanaman karnivora karena sifat aktif dan efisien dari ta- naman perangkap ini. Tanaman ini mungkin terkenal, tapi juga sangat mengancam. Ta naman dengan daun berengsel dua ini memunyai bulu-bulu halus ultra sensitif yang mendeteksi kehadiran segala jenis semut dan segala jenis serangga. Dipicu oleh ram- but dan bunyi keras! Perangkap akan menutup dalam waktu kurang dari satu detik.

3 Rafflesia arnoldii Bunga Terbesar di Dunia

Ada satu tanaman langka dan eksotis yang mungkin Anda Anda tidak ingin tanaman itu tumbuh di dekat daerah Anda tak peduli hal itu akan membuat betapa terkenalnya Anda karena melakukan hal itu. Tanaman itu akan tum- buh menjadi bunga terbesar di dunia. Bentuk tanaman ini eksotis, sangat langka, dan berbintik-bintik, meskipun bentuknya tidak terlalu cantik, bunga berwarna karat itu disebut Rafflesia arnoldi

Rafflesia arnoldi, yang baru-baru ini digolongkan se- bagai keluarga Euphorbiaceae, adalah bunga yang dihasil kan secara individual terbesar di dunia la dapat tumbuh menjadi 3 meter dan berat- nya mencapai 15-24 pon. Itu adalah bentuk yang sangat besar tetapi Anda tidak akan menyukai bunga ini berada di tempat tidur Anda. Kenapa? Jika Anda dapat membuat sebuah lingkungan tipe hutan hujan untuk tanaman ini, tanaman ini akan mengelu arkan bau yang paling menusuk ketika berbunga. Baunya seperti bau daging busuk Oleh karena inilah tanaman itu disebut bunga bangkai oleh beberapa penduduk asli Indonesia di mana tanaman itu berasal.

Bunga-bunga hanya mekar selama tiga hari hingga seminggu. Tapi dalam bebera- pa hari membutuhkan sebuah keajaiban atau lebih untuk bertahan hidup. Bau menye- ngat ini menarik serangga untuk membantu penyerbukan guna melestarikan jenis ini. Tetapi bahkan ketika hal ini terjadi hanya 10-20 persen dari bibit kecilnya. Dengan sedikit keberuntungan dalam sembilan bulan tanaman ini akan mekar.

4. Desmodium gyrans tanaman Dansa

Darwin menyebut tanaman ini Hedysa- rum, para ahli botani modern menyebutnya Desmodium Gyrans, atau yang lebih tepatnya saat ini disebut, Codariocalyx Motorius. Ta naman ini umumnya disebut tanaman menari atau tanaman telegrap atau juga tanaman se maphore karena daunnya bergerak mirip de- ngan sinyal semaphore. Tanaman ini mudah tumbuh, menari menari di b matahari yang cerah dan menghasilkan air ketika kering. Ada yang men adalah tarian terbaik untuk "Grateful Dead!"

5. Euphorbia obesa: tanaman Baseball

Euphorbia obesa, juga dikenal sebagai ta- naman Baseball adalah endemik Karoo besar yang terdapat di wilayah Afrika Selatan. Pengambilan tanaman yang berlebihan oleh kolektor tanaman yang tertarik terhadap ta- naman Euphorbia obesa karena penampilan- nya yang menarik dan rasa ingin tahu telah memengaruhi populasi liarnya. Akibat nya, undang-undang nasional dan internasional telah diberlakukan untuk melindungi populasi yang tersisa. Sementara Euphorbia obesa terancam dalam habitat aslinya, tanaman ini telah menjadi sangat umum dalam budidaya. Oleh karena meningkatnya jumlah yang sangat besar dari tanaman Euphorbia obesa ini, para ahli botani dan pe- tani bekerja keras agar pembibitan dan penjualan tanaman ini di kalangan kolektor tanaman tidak diperoleh dari alam liar.

6. Amorphophallus titanium: Bunga Mayat

Sebuah bunga yang lebih tinggi dari seorang laki-laki, bau yang menyengat dan bentuk- nya yang menyerupai daging busuk, terdengar seperti sesuatu yang berasal dari sebuah film fiksi ilmiah yang berbudget rendah. Tapi ta naman titan arum Indonesia ini-atau "bunga mayat", sebagaimana yang dikenal oleh masyarakat lokal-adalah sebuah tanaman yang nyata, tanaman langka dan fenomena ini, penyerbukannya dibantu oleh bangkai serangga. Tanaman Indonesia ini, disebut titan arum atau armopholophallus titanium, memiliki inforescence terbesar di dunia. Karena aromanya, yang mengingatkan pada bau membusuk mamalia, Titan Arum ini juga dikenal sebagai "bunga mayat" atau "tanaman mayat".

7. Baobab. Pohon Botol

Baobab adalah nama umum dari genus (Andansonia) yang berisi delapan spesies pohon asli Madagaskar, Daratan Afrika dan Australia. Juga dikenal sebagai pohon botol, mereka tidak hanya tampak seperti botol, tapi pohon-pohon ini juga menyimpan sekitar 30 liter air! Tidak heran mengapa mereka dapat hidup lebih dari 500 tahun!

8. Dracaena cinnabari Pohon Darah Naga

Dracaena Cinnabari adalah Pohon naga asli D kepulauan Socotra. Hal ini juga disebut sebagai pohon darah naga dan pohon naga Socotra. Tanaman ini adalah salah satu yang paling mencolok di antara tanaman Socotra, penampilannya terlihat aneh, berbentuk seperti payung pohon. Tanaman ini pertama kali secara resmi digambarkan oleh Isaac Bayley Balfour pada tahun 1882. Ikon minia tur dari pohon ini dipakai sebagai ikon Jaringan internet perusahaan window. Getah merah dari pohon darah naga, dicari sebagai obat dan pewarna bagi orang zaman dahulu

9. Putri malu tanaman pemal

Dutri malu (pudice= pemalu), atau tanaman sensiti memiliki nilai yang mengherankan: bagian daunnya akan melipat dan menutup jika disentuh atau digoyang kan, dan akan kembali membuka setelah beberapa saat Tanaman ini berasal dari daerah Amerika Selatan da Amenka Tengah, tetapi sekarang sudah menjadi tanaman di seluruh daerah tropis. Siapa yang tahu bahwa tanaman punya perasaan juga?

10. Selaginella lepidophylla: Tanaman yang mampu bangkit

Dikenal juga sebagai bunga jericho, Selaginalla Lepi- dophylla adalah jenis tanaman gurun yang terkenal dengan kemampuan untuk bertahan hingga hampir ke- ring. Selama cuaca kering di habitat aslinya, tanaman ini akan mengerut membentuk seperti bola dan kembali ke bentuk asalnya setelah mendapat kelembaban yang cukup. Habitat aslinya terdapat di gurun Chihuahuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar