Senin, 05 Desember 2016

Tips Lindungi Aktivitas Online Tetap Aman

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan untuk sebagian orang, di mana internet bisa menunjang setiap aktivitas pengguna, salah satunya untuk belanja produk. Belanja online dinilai lebih praktis dan hemat waktu dibanding pergi ke toko fisik.
Namun, saat melakukan belanja online atau aktivitas online lainnya, Anda perlu berhati-hati jika tak ingin informasi Anda bobol. Berikut ini tips yang akan membantu aktivitas online Anda aman dan nyaman sebagaimana dilaporkan Cnet, Senin (5/12/2016).
Berhenti Menggunakan Password yang Sama
Kecenderungan para netizen ialah kerap menggunakan password yang sama berulang kali. Sebaiknya, kebiasaan ini dihindari dengan membuat password yang berbeda untuk setiap aplikasi, website dan layanan yang Anda gunakan.
Buatlah Password yang Kuat
Salah satu cara menjaga aktivitas online Anda tetap aman ialah dengan membuat password yang kuat. Untuk membuat password yang kuat, gunakan selalu kombinasi karakter yang kompleks, simpol, huruf kapital dan jika mungkin space.
Jangan menggunakan informasi publik yang tersedia, seperti nama hewan peliharaan atau ulang tahun, dan buatlah password seunik mungkin.
Selalu Gunakan Verifikasi Dua Langkah
Verifikasi dua langkah ini membuat sulit bagi hacker untuk mengakses akun Anda, bahkan jika sekalipun mereka mendapatkan password Anda. Setiap kali Anda masuk ke akun Anda, Anda akan diminta untuk memasukkan kode keamanan yang telah dikirimkan ke ponsel Anda.
Periksa Sebagai Tamu
Saat belanja online, hampir setiap toko meminta Anda membuat akun sebelum check out. Jika bisa, Anda mesti check out sebagai tamu. Menggunakan akun tamu bisa menjaga data pribadi Anda dari server perusahaan dan diklaim aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar